-->

fungsi tools di microsoft word

Microsoft Office Word 2007 (untuk selanjutnya disebut MS. Word saja) merupakan sebuah program aplikasi pengolah kata (Word Processor) buatan Microsoft Corporation. MS. Word 2007 merupakan hasil pengembangan dari beberapa versi sebelumnya.
MS. Word tampil lebih user friendly dan sudah menggunakan ribbon sebagai standar baru dalam menampilkan menu-menu tool. Berdasarkan klaim mereka, ribbon adalah sebuah inovasi yang kelak di masa mendatang menjadi sebuah standar bagi tampilan menu.
Bagi yang baru bermigrasi dari Word 2003 ke MS. Word 2007 tidak perlu panik dengan pemandangan yang begitu asing tersebut. Anda hanya perlu sedikit adaptasi dan setelah itu, Anda akan merasakan efisiensi dan kemudahan dalam bekerja. Bila Anda kurang percaya, silahkan buka MS. Word 2007, letakkan pointer mouse ke area area menu, kemudian putar tombol gulir. Apa yang terjadi? Anda benar! Anda dapat membuka pintu akes ke setiap ribbon hanya dengan putaran tombol gulir saja.
Kembali ke masalah menu icon, MS. Word 2007 mengenal istilah tab, ribbon, dan group dalam menyajikan menu tool. Berbeda dengan Word 2003 dan sebelumnya yang hampir 100% dikuasai Kaum Bar-Bar (Titlebar, Menu Bar dan Toolbar).

Perbedaan antara Tab, Ribbon dan Group
Tab adalah sederetan menu yang ditandai dengan teks. terdiri dari tab File, Insert, Page Layout, dll. Ribbon adalah area yang digunakan untuk menampilkan tab dan menu dari tab yang aktif. Sedangkan Group adalah kelompok menu dalam tiap Ribbon yang memiliki kesamaan fungsi.Jadi, Ribbon menyediakan tab yang terdiri dari menu, dan menu sendiri terdiri dari beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi.

Tampilan Jendela MS Word 2007
Office Button
Secara umum, Office Button terdiri dari dua area, yaitu area kiri dan area kanan. Area kiri berisi perintah seperti New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, dan Close. Sedangkan di area kanan berisi pintasan file dokumen yang baru-baru ini dibuka.
Pada bagian bawah flyout ini terdapat dua tombol perintah, yaitu Word Option (digunakan untuk melakukan properti terhadap MS Word 2007) dan Exit Word (digunakan untuk menutup jendela MS Word).

Dari sekian banyak tools-tools pada Ms. Office Word 2007, sebagian orang mungkin tidak memahami kegunaan dari tools tersebut secara keseluruhan. Oleh sebab itu saya akan menjelaskan Fungsi Tools Microsoft Office Word 2007 dari garis besarnya.
Ok. kita mulai ke pokok pembahasan yaitu Fungsi Tools Microsoft Office Word 2007:

1. Office Button 
NOIconKeterangan
1Newdigunakan untuk membuat file dokumen kosong baru
2Opendigunakan untuk membuka file dokumen yang tersimpan
3Saveperintah untuk menyimpan file dokumen aktif
4Save Asdigunakan untuk menyimpan file dokumen ke dalam format tertentu
5Printdigunakan untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif
6Preparedigunakan untuk melakukan properti khusus terhadap file dokumen aktif
7Senddigunakan untuk mengirimkan file dokumen aktif sebagai email / faksimile
8Publishperintah untuk menerbitkan dokumen aktif ke website / blog / dll
9Closedigunakan untuk menutup file dokumen aktif

2. Tab Home
2.1. Group Clipboard
NOIconKeterangan
1Pasteuntuk menempelkan hasil copy atau cut.
2Cutuntuk memotong teks/objek terpilih.
3Coppyuntuk menggandakan teks/objek terpilih.
4Format Painterdigunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya
* Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.

2.2. Group Font
NOIconKeterangan
1Fontuntuk memilih jenis huruf.
2Font Sizeuntuk mengatur ukuran huruf.
3Grow Fontuntuk memperbesar ukuran huruf secara instan
4Shrink Fontuntuk memperkecil ukuran huruf secara instan
5Change Caseuntuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
6Clear Formatinguntuk menghapus pemformatan teks terpilih
7Bolduntuk menebalkan teks terpilih
8Italicuntuk memiringkan Teks terpilih
9Underlineuntuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
10StrikeThroughmemberikan tanda coret padateks terpilih
11SubScriptmembuat tulisan kecil di bawah teks
12SuperScriptuntuk mengetik karakter pemangkatan
13Text Effectuntuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
14Text Highlight Coloruntuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
15Font Coloruntuk mengatur warna teks terpilih

2.3. Group Paragraph
NOIconKeterangan
1Bulletsuntuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
2Numberinguntuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
3Decrease Indentuntuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
4Increase Indentuntuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
5Left-To-Rightuntuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
6Ight-To-Leftuntuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
7Sortuntuk menyortir data
8Show Paragraph Marksuntuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
9Align Text Leftuntuk mengatur teks rata kiri
10Centeruntuk mengatur teks rata tengah
11Align Text Rightuntuk mengatur teks rata kanan
12Justifyuntuk mengatur teks rata kanan-kiri
13Line Spacinguntuk mengatur jarak antar baris teks
14Shadinguntuk mengatur warna latar teks terpilih
15Borderuntuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.

2.4. Group Style
NOIconKeterangan
1Heading Styleberisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
2Change Styleberisi pilihan pengaturan tema paragraf

2.5. Group Editing
NOIconKeterangan
1Finduntuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
2Replaceuntuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
3Selectdigunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu fileMICROSOFT WORD 2007: Fungsi Icon Tab Insert

3. Tab Insert
3.1. Group Page
NOIconKeterangan
1Cover Pagedigunakan untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul.
2Blank Pageuntuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
3Break Pageuntuk memisah suatu halaman file dokumen

3.2. Group Table
NOIconKeterangan
1Insert Tableuntuk menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table
2Draw Tableuntuk menyisipkan tabel dengan cara menggambar di halaman dokumen
3Convert Text to tabledigunakan untuk menjadikan teks terpilih berada dalam tabel
4Excel SpreadSheetuntuk menyisipkan tabel dalam bentuk lembar kerja Excel
5Quick Tablesuntuk menyisipkan tabel instan yang sudah tersedia jenis dan bentuknya di dalam MS. Word 2010

3.3. Group Illustrations
NOIconKeterangan
1Picturedigunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer
2Clip Artuntuk menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library program
3Shapesdigunakan untuk menyisipkan objek gambar autoshape
4SmartArtdigunakan untuk menyisipkan gambar dalam bentuk organization
5Chartdigunakan untuk menyisipkan diagram

3.4. Group Links
NOIconKeterangan
1Hyperlinkdigunakan untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain
2Bookmarkdigunakan membuat penanda buku
3Cross-Referencedigunakan untuk membuat referensi antar file

3.5. Group Header & Footer
NOIconKeterangan
1Headerdigunakan untuk mengatur kepala halaman suatu file
2Footerdigunakan untuk melakukan setting terhadap kaki halaman suatu file
3Page Numberdigunakan untuk melakukan setting terhadap homor halaman

3.6. Group Text
NOIconKeterangan
1Text Boxdigunakan untuk menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan teks
2Quick Partsdigunakan untuk mengatur teks otomatis dll
3WordArtdigunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik
4Drop Capdigunakan untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf
5Signature LInedigunakan untuk menyisipkan tanda tangan digital
6Date & Timedigunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini
7Objectdigunakan untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded)

3.7. Group Symbols
NOIconKeterangan
1Equationdigunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang matematika.
2Symboldigunakan untuk menyisipkan karakter khusus

4. Tab Page Layout
4.1. Group Themes
NOIconKeterangan
1Themesdigunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya
2Colordigunakan untuk mengatur warna tema halaman
3Fontsdigunakan untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif
4Effectdigunakan untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen

4.2. Group Page Setup
NOIconKeterangan
1Marginsdigunakan untuk mengatur batas teks di halaman dokumen
2Orientationdigunakan untuk mengatur posisi kertas
3Sizedigunakan untuk mengatur ukuran halaman
4Collumndigunakan untuk mengatur jumlah kolom teks
5Breaksdigunakan untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks
6Line Numberdigunakan untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks
7Hypenationdigunakan untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis

4.3. Group Page Background
NOIconKeterangan
1Watermarkdigunakan untuk memberikan efek tanda air di belakang teks
2Page Colordigunakan untuk mengatur warna latar halaman
3Page Bordersdigunakan untuk mengatur garis tepi halaman

4.4. Group Paragraph
NOIconKeterangan
1Indentdigunakan untuk mengatur batas teks
2Spacingdigunakan untuk mengatur jarak antar paragraf

4.5. Group Arrange
NOIconKeterangan
1Positiondigunakan untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman
2Wrap Textdigunakan untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks
3Bring Forwarddigunakan untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
4Send Backwarddigunakan untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
5Selection Panemenampilkan panel navigasi objek
6Aligndigunakan untuk mengatur posisi objek lepas
7Groupdigunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup
8Rotatedigunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih

5. Tab References
5.1. Group Teble Of Contents
NOIconKeterangan
1Table of Contentsdigunakan untuk pengelolaan daftar isi
2Add Textdigunakan untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat
3Update Tabledigunakan untuk memperbarui daftar isi

5.2. Group Footnotes
NOIconKeterangan
1Insert Footnotedigunakan untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan yang berada di bagian bawah halaman atau footer)
2Endnotedigunakan untuk menyisipkan catatan di akhir bab
3Next Footnoteberfungsi untuk memantau footnote dan endnote
4Show Notedigunakan untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote maupun endnote

5.3. Group Citations & Bibliography
NOIconKeterangan
1Insert Citationsdigunakan untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif
2Icon Managedigunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen
3Styleberfungsi untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan
4Bibliographydigunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif

5.4. Group Citations
NOIconKeterangan
1Insert Captionsdigunakan untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan
2Insert Table of Figuredigunakan untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen
3Update Tabledigunakan untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar
4Cross-Referenceberfungsi untuk menyisipkan referensi silang

5.5. Group Index
NOIconKeterangan
1Mark Entrydigunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen
2Insert Indexdigunakan untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen
3Update Indexdigunakan untuk memperbarui daftar indeks terkini

5.6. Group Table of Authorities
NOIconKeterangan
1Mark Citationsdigunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen
2Insert Table of Authoritiesberfungsi untuk menyisipkan tabel sumber kutipan, sumber undang-undang atau konstitusi
3Update Tabledigunakan untuk melakukan pembaruan terhadap kutipan pada tabel

6. Tab Mailings
6.1. Group Create
NOIconKeterangan
1Envelopesuntuk membuat dan mencetak amplop
2Labelsuntuk membuat dan mencetak label

6.2. Group Start Mail Merge
NOIconKeterangan
1Start Mail Mergeuntuk membuat surat yang biasa atau berupa email untuk banyak orang
2Select Recipientsuntuk membuat daftar penerima surat
3Edit Recepients Listuuntuk mengubah daftar penerima surat

6.3. Group Write & Insert Field
NOIconKeterangan
1Highlight Merge Fielduntuk mempermudah mengubah informasi yang salah
2Address Blockuntuk memasukan alamat pada surat yang akan dituju
3Greeting Lineuntuk menambah nama sapaan
4Insert Merge Fielduntuk menambah informasi mengenai penerima suraT
5Rulesuntuk memberikan garis pada surat
6Match Fielduntuk membandingkan surat
7Update Labelsuntuk memperbarui label pada surat

6.4. Group Preview Results
NOIconKeterangan
1Preview Resultsuntuk melihat hasil surat yang dibuat dan daftar penerima surat
2Find Recipientuntuk mencari daftar penerima surat
3Auto Check for Errorsuntuk mengecak kesalahan pada surat

6.5. Group Finish
NOIconKeterangan
1Finish & Mergeuntuk mengetahui bahwa surat yang dibuat sudah lengkap

7. Tab Review
7.1. Group Proofing
NOIconKeterangan
1Spelling & GrammarMemeriksa ejaan teks
2ResearchMembuka panel penelitian referensi
3ThesaurusSaran kata yang sepadan
4TranslateMenerjemahkan kata ke bahasa lain
5Translation Screen TipMemungkinkan suatuscreen tip menerjemahkan ke dalam bahasa lain pada kata di kursor yang berhenti
6Set LanguageMengatur bahasa dengan mengecek dulu ejaan dan tata bahasa yang terpilih
7Word CountMenemukan banyak kata, paragra, dan kalimat di dalam documen

7.2. Group Comments
NOIconKeterangan
1New CommentMemasukkan komentar baru
2DeleteMenghapus komentar
3PreviousMemperlihatkan komentar sebelumnya
4NextMemperlihatkan komentar selanjutnya

7.3. Group Tracking
NOIconKeterangan
1Track ChangeMenelusuri perubahan yang terjadi pada dokumen
2Balloonsuntuk memilih atau melihat hasil kerja yang telah direvisi
3Display for ReviewMemilih bagaimana memandang perubahan yang di usulkan pada dokumen
4Show MarkupMemilih markup seperti apa untuk menunjukkan dokumen
5Reviewing PaneMenunjukkan suatu revisi pada jendela yang terpisah

7.4. Group Changes
NOIconKeterangan
1Accept and Move to Nextmenerima perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
2Reject and Move to Nextmenolak perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
3Previous Changemenampilkan revisi sebelumnya di dalam dokumen sehingga dapat menerima/menolak
4Next Changemenampilkan dokumen yang dapat diterima/ditolak

7.5. Group Compare
NOIconKeterangan
1Comparemengkombinasikan berbagai versi dari document
2Show Source Documentmenunjukkan sumber dokumen yang terpilih

7.6. Group Protect
NOIconKeterangan
1Protect Documentuntuk melindungi hasil kerja karena merupakan sebuah privasi

8. Tab View
8.1. Group
NOIconKeterangan
1Print Layoutuntuk melihat hasil kerja yang akan di cetak
2Full Screen Readinguntuk melihat dan membaca hasil kerja dengan ukuran maksimal
3Web Layoutuntuk melihat hasil kerja di web
4Outline Viewuntuk melihat hasil kerja sesuai dengan urutan atau bagan
5Draft Viewuntuk melihat hasil kerja sesui dengan konsep, sehingga jika salah cepat dibenarkannya

8.2. Group Show/Hide
NOIconKeterangan
1Rulesuntuk menampilkan penggaris
2Girdlinesuntuk menampilkan garis kisi
3Massage Baruntuk menampilkan batang pesan
4Formula Baruntuk menampilkan batang formula
5Headinguntuk menampilkan heading

8.3. Group Show
NOIconKeterangan
1Zoomuntuk Memperbesar tampilan
2100%untuk memperbesar hasil lembar kerja ke ukuran normal
3One Pageuntuk melihat hasil lembar kerja ke dalam satu halaman penuh
4Two Pageuntuk melihat hasil lembar kerja ke dalam dua halaman penuh
5Page Widhtuntuk melihat hasil lembar kerja sesuai dengan lebar halaman

8.4. Group Window
NOIconKeterangan
1New WindowMembuka jendela baru yang memperlihatkan dokumen tersebut
2Arrange AllMengatur semua jendela program sejajar berdampingan
3Split WindowsMembagi jendela menjadi beberapa penel yang memperlihatkan lembar kerja
4View Side by SideMemperlihatkan jendela berdampingan
5Synchronous ScrollingMembuat dua jendela menggulung bersamaan
6Reset Window PositionMenset ulang posisi jendela berdampingan

8.5. Group Macros
NOIconKeterangan
1View MacrosMemperlihatkan macro dokumen

0 Response to "fungsi tools di microsoft word"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel