100 Soal UKG Penjas Beserta Jawaban Asli (jawaban tulisannya ditebalin)
1.
|
Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau
lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang
berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan,
karakteristik lain disebut . . . .
|
A.
|
Heterofil
|
B.
|
Homofil
|
C.
|
Holomofil
|
D.
|
Homogen
|
2.
|
Perut terasa mual, nafsu makan berkurang, tidak
bergairah, wajah pucat, lesu, perut buncit, dan gatal-gatal di sekitar dubur
adalh tand-tanda penyakit….
|
A.
|
Kurang gizi
|
B.
|
TBC
|
C.
|
Cacingan
|
D.
|
diare
|
3.
|
Lari estafet disebut juga….
|
A.
|
Suttle run
|
B.
|
Steaplecease
|
C.
|
Sprint
|
D.
|
Berantai
|
4.
|
Frekuensi pencucian rambut sangat tergantung kepada
hal-hal berikut, kecuali :
|
A.
|
Keadaan cuaca apakah dalam keadaan lembab atau
kering
|
B.
|
Tebal atau tipisnya rambut, semakin tebal harus pula
semakin sering dicuci.
|
C.
|
Lingkungan atau tempat berada seseorang, misalnya
pada lingkungan yang berdebu orang tersebut harus sering mencuci rambutnya.
|
D.
|
Seseorang yang sering memakai minyak rambut harus
pula sering mencuci rambutnya.
|
5.
|
Perhatikan soal-soal di bawah ini.
75
68
27
13 _____ _ _____ + 58
71 Jawaban soal di atas menunjukkan salah satu kesalahan umum yang sering
dilakukan oleh anak usia SD yang berkesulitan belajar Matematika dalam hal ….
|
A.
|
proses penghitungan
|
B.
|
memahami simbol
|
C.
|
nilai tempat
|
D.
|
bahasa dan membaca
|
6.
|
Pada anak usia sekolah dasar sering disebut ‘usia
berkelompok’. Pernyataan tersebut menunjukkan karakteristik perkembangan anak
dalam aspek ….
|
A.
|
sosial
|
B.
|
moral
|
C.
|
intelektual
|
D.
|
emosional
|
7.
|
Gerakan renang yang menyerupai hewan adalah …
|
A.
|
Gaya bebas
|
B.
|
Gaya dada
|
C.
|
Gaya punggung
|
D.
|
Gaya kupu-kupu
|
8.
|
Berikut ini karakteristik anak berkesulitan belajar
Matematika yang sering dialami siswa usia sekolah dasar, kecuali ….
|
A.
|
adanya gangguan hubungan keruangan
|
B.
|
kesulitan dalam bahasa dan membaca
|
C.
|
gangguan mengenal dan memahami simbol
|
D.
|
performance IQ lebih tinggi dari skor Verbal IQ
|
9.
|
Dibawah Ini yang tidak termasuk menu makanan empat
sehat lima sempurnaadalah :
|
A.
|
Sepiring nasi sebagai sumber zat tenaga
|
B.
|
Sepotong daging atau ikan atau sepotong tempe
sebagai sumber zat pembangun
|
C.
|
Semangkuk sayur
|
D.
|
Segelas es kelapa muda untuk menggantikan ion tubuh
yang hilang
|
10.
|
Kreativitas merupakan salah satu karakteristik
perkembangan intelektual siswa SD, yang artinya kemampuan untuk ….
|
A.
|
memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan
sehari-hari yang
sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan orang lain |
B.
|
penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat
diterima
oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk mengambil keputusan |
C.
|
berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru
dan tidak
biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan |
D.
|
mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka
penyelesaian
masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang maupun masa yang akan datang |
11.
|
Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik
perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek emosional, kecuali ....
|
A.
|
kesulitan memulai sesuatu, tetapi jika berhasil akan
bertahan
sampai akhir |
B.
|
menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di
sekolah
|
C.
|
mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang
lebih dewasa
|
D.
|
mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang
lebih dewasa
|
12.
|
Zat pengatur adalah zat gizi yang berfungsi mengatur
metabolism (proses kerja tubuh). Yang bukan termasuk kelompok zat pengatur
adalah
|
A.
|
air
|
B.
|
karbohidrat
|
C.
|
vitamin
|
D.
|
mineral.
|
13.
|
Pengukuran pertumbuhan perlu dilakukan untuk
menentukan apakah tumbuh kembang seseorang berjalan normal atau tidak. Anak
yang sehat akan menunjukan pertumbuhan yang optimal. Manfaat pengukuran pertumbuhan
adalah sebagai berikut KECUALI :
|
A.
|
Sebagai bahan informasi untuk menilai keadaan
kekurangan gizi baik yang akut maupun yang kronis.
|
B.
|
Basis data fisik dan pribadi anak sebagai dasar
pengiriman ke cabang olahraga yang relevan
|
C.
|
Memonitor keadaan kesehatan, misalnya pada
pengobatan penyakit.
|
D.
|
Dasar perhitungan dosis obat dan makanan yang perlu
diberikan.
|
14.
|
Alat yang dipergunakan untuk senam lantai adalah….
|
A.
|
Papan
|
B.
|
Ubin
|
C.
|
Matras
|
D.
|
Bale
|
15.
|
Pemahaman simbol merupakan salah satu kesulitan
belajar yang sering muncul pada siswa. Hal tersebut dapat teridentifikasi
melalui pengerjaan soal ….
|
A.
|
4 + 3 = …..
|
B.
|
9 - 6 = …..
|
C.
|
8 - … = ….
|
D.
|
5 + 4 = ….
|
16.
|
Berikut ini adalah pernyataan yang benar
mengenai Pertumbuhan, kecuali..................
|
A.
|
Pertumbuhan berkaitan dengan berkembangnya kemampuan
dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur
dan dapat diperkirakan
|
B.
|
Pertumbuhan berkaitan dengan masalah perubahan dalam
besar, jumlah, ukuran atau dimensi tingkat sel
|
C.
|
Pertumbuhan berkaitan dengan masalah perubahan organ
maupun individu, yang biasanya diukur dengan ukuran berat (kilogram), ukuran
panjang ( cm, meter), umur tulang dan keseimbangan
|
D.
|
Pertumbuhan mempunyai dampak terhadap aspek fisik.
|
17.
|
Permainan bola basket berasal dari….
|
A.
|
Inggris
|
B.
|
Belanda
|
C.
|
Amerika
|
D.
|
Norwegia
|
18.
|
Kemampuan awal/prasyarat yang harus dimiliki siswa
sebelum mempelajari kompetensi dasar: ‘Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam
yang terjadi negara tetangga’, adalah ….
|
A.
|
mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi
di Indonesia
|
B.
|
mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi
di Eropa
|
C.
|
mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi
di Asia
|
D.
|
mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi
di Afrika
|
19.
|
Usaha Kesehatan Sekolah dijadikan sebagai usaha
meningkatkan kesehatan anak usia sekolah pada setiap jalur, jenis dan jenjang
pendidikan, KECUALI :
|
A.
|
TK/RA
|
B.
|
Pendidikan Dasar SD/MI
|
C.
|
Pendidikan menengah SMP/MTs dan SMA/SMK/MA.
|
D.
|
Mahasiswa Perguruan Tinggi
|
20.
|
Usaha Kesehatan Sekolah adalah wahana untuk
meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini
mungkin. UKS merupakan perpaduan dua upaya dasar yaitu …………
|
A.
|
upaya pendidikan dan upaya kesehatan.
|
B.
|
Upaya pendidikan dan pelatihan
|
C.
|
Upaya olah raga dan kesehatan
|
D.
|
Upaya olah raga dan Pramuka
|
21.
|
Induk organisasi renang Indonesia adalah…
|
A.
|
PRSI
|
B.
|
PSII
|
C.
|
ISSI
|
D.
|
IPSI
|
22.
|
Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik
perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek fisik, kecuali ....
|
A.
|
menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan berat
badan
|
B.
|
memiliki keterampilan fisik untuk memainkan
permainan
|
C.
|
penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
|
D.
|
memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat
|
23.
|
Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya
penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan maksud
untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
|
A.
|
Addition
|
B.
|
Restructuring
|
C.
|
Alternation
|
D.
|
Substitution
|
24.
|
Orang bertugas mengukur kecepatan lari disebut….
|
A.
|
Starter
|
B.
|
Timer
|
C.
|
Sprinter
|
D.
|
Juri
|
25.
|
Posisi di depan penjaga gawang adalah…
|
A.
|
Back
|
B.
|
Playmaker
|
C.
|
Striker
|
D.
|
Keeper
|
26.
|
Tujuan Pendidikan Kebersihan Pribadi adalah seperti
dibawah ini, kecuali :
|
A.
|
Meningkatkan pengetahuan peserta didik mengenai
masalah kebersihan dan hubungannya dengan kesehatan perseorangan, kesehatan
keluarga, dan kesehatan masyarakat.
|
B.
|
Mengubah sikap mental peserta didik kearah positif
yang akan mendorong mereka agar secara sadar mencintai kebersihan, berbuat
dan berperilaku sesuai dengan prinsip hidup bersih dan sehat dalam kehidupan
sehari-hari.
|
C.
|
Meningkatkan keterampilan peserta didik yang akan
memungkinkan mereka memiliki kemampuan untuk hidup bersih, baik untuk dirinya
sendiri maupun untuk kepentingan keluarga dan lingkungannya.
|
D.
|
Meningkatkan pengetahuan peserta didik mengenai teknik
bermain satu cabang olahraga sehingga memungkinkan siswa berprestasi secara
professional.
|
27.
|
Zat pembangun adalah zat gizi yang diperlukan tubuh
untuk membangun atau untuk melakukan pertumbuhan. Yang bukan termasuk Zat
Pembangun adalah
|
A.
|
Protein
|
B.
|
Mineral
|
C.
|
Air
|
D.
|
Karbohidrat
|
28.
|
Dalam proses pembelajaraan Matematika, khususnya
ketika guru mengaitkan materi pelajaran dengan kebutuhan hidup sehari-hari
maka guru telah berupaya agar pembelajaran memungkinkan bagi guru untuk
mengidentifikasi minat siswa terhadap ….
|
A.
|
kesehatan
|
B.
|
status
|
C.
|
penampilan
|
D.
|
pekerjaan
|
29.
|
Tempra adalah salah satu obat….
|
A.
|
Diare
|
B.
|
Dehidrasi
|
C.
|
Turun panas
|
D.
|
Cacingan
|
30.
|
Pembelajaran Kontekstual dianggap pembelajaran yang
bersifat mendidik, hal itu disebabkan karena karakteristik pembelajaran
tersebut adalah ….
|
A.
|
Membangkitkan minat siswa.
|
B.
|
Merangsang siswa lebih aktif belajar.
|
C.
|
Memberi kesempatan siswa berkreasi.
|
D.
|
Membiasakan siswa belajar sesuai dengan lingkungan.
|
31.
|
Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara
kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan
kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
|
A.
|
Santosa S. Hamidjaja
|
B.
|
Mattew B. Milers
|
C.
|
Sumantri Mulyani
|
D.
|
Rabbin
|
32.
|
Imunisasi ulang diberikan khusus wanita kelas VI SD
sebanyak 2 kali berturut-turut dengan tenggang waktu 4 minggu adalah….
|
A.
|
Depteri tetanus
|
B.
|
Tetanus texoid
|
C.
|
Bacillus calmette quiren
|
D.
|
Defteri pertusis tetanus
|
33.
|
Salah satu kegiatan social yang dilakukan dalam
posyandu adalah antaralain…
|
A.
|
Penyuluhan gizi
|
B.
|
Operasi kelahiran
|
C.
|
Perawatan penyakit kronis
|
D.
|
Pemberian obat
|
34.
|
Minat siswa yang dapat teridentifikasi melalui mata
pelajaran IPS adalah ‘minat terhadap lambang status’. Salah satunya adalah ….
|
A.
|
nama-nama keluarga
|
B.
|
penampilan diri
|
C.
|
ikatan kekerabatan
|
D.
|
jenis pekerjaan orang tua
|
35.
|
Gaya gunting adalah gaya dalam….
|
A.
|
Lompat jauh
|
B.
|
Lompat tinggi
|
C.
|
Lompat indah
|
D.
|
Lompat jangkit
|
36.
|
Tim UKS di Sekolah/Madrasah dan Perguruan
Agama memiliki tugas dan wewenang selaku :
|
A.
|
Tim Pembina
|
B.
|
Tim Pelaksana
|
C.
|
Tim Pengawas
|
D.
|
Tim Pemantau
|
37.
|
Tangki septic adalah
tempat menampung….
|
A.
|
Sampah
|
B.
|
Limbah
|
C.
|
Air buangan dapur
|
D.
|
tinja
|
38.
|
Lari termasuk cabang olahraga…..
|
A.
|
Atletik
|
B.
|
Senam
|
C.
|
Binaraga
|
D.
|
Beladiri
|
39.
|
Ruang Lingkup UKS meliputi pernyataan dibawah ini,
kecuali :
|
A.
|
Penyelenggaraan pendidikan kesehatan
|
B.
|
Penyelenggaraan pelayanan kesehatan
|
C.
|
Pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat
|
D.
|
Pembinaan Tim Olah Raga yang solid
|
40.
|
Sasaran Pembinaan UKS adalah seperti dibawah ini,
kecuali :
|
A.
|
Peserta didik dan Pembina UKS
|
B.
|
RPP dan Silabus di sekolah termasuk metodologi
mengajar
|
C.
|
Sarana dan prasarana pendidikan kesehatan dan
pelayanan kesehatan
|
D.
|
Lingkungan
|
41.
|
Jarak yang ditempuh dalam lari estafet adalah….
|
A.
|
4 x 300 m
|
B.
|
4 x 400 m
|
C.
|
1.600 m
|
D.
|
4 x 500 m
|
42.
|
Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik
dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator
kompetensi adalah :
|
A.
|
Standar Kompetensi
|
B.
|
Kompetensi Dasar
|
C.
|
Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
|
D.
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
43.
|
Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu
sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan
.................................
|
A.
|
Tahap pengetahuan (kowledge)
|
B.
|
Tahap bujukan (persuasion)
|
C.
|
Tahap pengembalian keputusan (decision making)
|
D.
|
Tahap implementasi (implementation)
|
44.
|
Tujuan pemanasan sebelum melakukan latihan, kecuali…
|
A.
|
Menghindari tejadinya cedera
|
B.
|
Meningkatkan suhu badan
|
C.
|
Menyiapkan fisik dan mental
|
D.
|
Untuk memenangkan pertandingan
|
45.
|
Dengan telah diberlakukannya Undang-Undang No. 32
Tahun 2004, maka berbagai program pelaksanaan UKS di setiap daerah pada
dasarnya diserahkan sepenuhnya kepada ………………………….. untuk menentukan
prioritas programnya
|
A.
|
Tim Pembina UKS di daerahnya masing-masing
|
B.
|
Kepala Sekolah
|
C.
|
Dinas Pendidikan Tingkat Kecamatan
|
D.
|
Dinas Pendidikan Tingkat Kabupaten
|
46.
|
Perkembangan perilaku moral dan perkembangan konsep
moral merupakan fase-fase perkembangan moral yang harus dicapai seorang anak.
Pada fase perkembangan perilaku moral, seorang anak belajar melalui cara-cara
berikut, kecuali ….
|
A.
|
coba-ralat (trial and error)
|
B.
|
pendidikan langsung,
|
C.
|
identifikasi
|
D.
|
observasi
|
47.
|
Pada usia remaja putra, pertumbuhan fisik akan terus
bertambah hingga usia….
|
A.
|
21 tahun
|
B.
|
20 tahun
|
C.
|
18 tahun
|
D.
|
19 tahun
|
48.
|
Ventilasi udara dalam rumah berguna untuk….
|
A.
|
Pergantian cahay matahari
|
B.
|
Pergantian suasana
|
C.
|
Pergantian udara
|
D.
|
Ke luar masuknya masuk
|
49.
|
Standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan
perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat
satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai
efisien dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan disebut ….
|
A.
|
Standar Proses.
|
B.
|
Standar Kompetensi Lulusan.
|
C.
|
Standar Sarana dan Prasarana.
|
D.
|
Pengelolaan Standar.
|
50.
|
Apabila terjadi pelanggaran di depan goal area oleh
pemain bertahan maka hukumannya adalah….
|
A.
|
Goal kick
|
B.
|
Penalty
|
C.
|
Free kick
Corner |
D.
|
Kick
|
51.
|
Untuk membelajarkan kompetensi dasar:’Perkalian bilangan’, kemampuan awal/ prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
|
A.
|
membagi
|
B.
|
menjumlah
|
C.
|
mengurang
|
D.
|
menghitung
|
52.
|
Induk organisasi atletik tingkat dunia adalah….
|
A.
|
FIFA
|
B.
|
IAAF
|
C.
|
FIBA
|
D.
|
FINA
|
53.
|
Pengoreksi sikap dan bentuk tubuh yang salah adalah tujuan dari….
|
A.
|
Senam artistic
|
B.
|
Senam ritmik
|
C.
|
Senam irama
|
D.
|
General gymnastic
|
54.
|
Pelaksanaan pendidikan kesehatan pada jam pelajaran sesuai dengan Garis-garis Besar Program Pengajaran mata pelajaran sains dan ilmu pengetahuan social adalah pelaksanaan pendidikan melalui …………..
|
A.
|
kegiatan kurikuler
|
B.
|
kegiatan ekstrakurikuler
|
C.
|
Palang Merah Remaja
|
D.
|
Muatan Lokal
|
55.
|
Start yang digunakan pelari 100 meter adalah….
|
A.
|
Standing start
|
B.
|
Flying start
|
C.
|
Start melayang
|
D.
|
Buch start
|
56.
|
Dalam proses pembelajaran tentang kompetensi dasar: ‘mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)’, guru tampak dapat mengidentifikasi siswa yang selalu bertanya dan mampu membuat laporan tentang apa saja yang diminatinya dengan sangat baik. Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa guru dapat mengidentifikasi minat siswa terhadap …
|
A.
|
seks
|
B.
|
penampilan
|
C.
|
kesehatan
|
D.
|
pekerjaan
|
57.
|
Jika terjadi hands ball di daerah lapangan tengah hukumannya adalah….
|
A.
|
Trow in
|
B.
|
Kick of
|
C.
|
Free kick
|
D.
|
Goal kick
|
58.
|
Salah satu contoh kesulitan belajar bahasa ang termasuk dalam kekurangan kemampuan kognitif adalah ….
|
A.
|
menangkap makna secara penuh
|
B.
|
mengingat kembali kata-kata
|
C.
|
membandingkan informasi yang diterima
|
D.
|
merumuskan alternatif pemecahan masalah
|
59.
|
Tujuan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah seperti tersebut dibawah ini, kecuali :
|
A.
|
meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik melalui peningkatan kualitas derajad kesehatan
|
B.
|
meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta derajat kesehatan peserta didik maupun warga belajar
|
C.
|
menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya.
|
D.
|
menciptakan tim olahraga yang solid yang siap berprestasi baik di tingkat local maupun internasional
|
60.
|
Mencari penguatan terhadap keputusan inovasi yang dilakukan termasuk . . . .
|
A.
|
Bujukan (persuasion)
|
B.
|
Konfirmasi (confirmation)
|
C.
|
Implementasi (implementation)
|
D.
|
Pengembalian keputusan (decision making)
|
61.
|
Usia remaja yang sudah dapat mengendalikan emosi adalah….
|
A.
|
Remaja pemuda
|
B.
|
Remaja yunior
|
C.
|
Remaja senior
|
D.
|
Remaja usia puber
|
62.
|
Kaporit dalam system penjernihan air berfungsi sebagai….
|
A.
|
Menghilangkan bau
|
B.
|
Menghilangkan warna
|
C.
|
Mengharumkan air
|
D.
|
Membunuh kuman.
|
63.
|
Pernyataan di bawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial adalah....
|
A.
|
mulai menyukai teman sebaya sesama jenis
|
B.
|
berperan serta dalam permainan logika
|
C.
|
menyukai teman sebaya lawan jenis
|
D.
|
dapat bekerja dalam durasi waktu yang lama
|
64.
|
Organisasi Tim Pembina UKS pada tingkatan pemerintahan secara berjenjang diatur sebagai berikut, KECUALI :
|
A.
|
Tim Pembina UKS Pusat, dibentuk di tingkat Pusat dan ditetapkan oleh Mendiknas, Menkes, Menag, dan Mendagri (SKB 4 Menteri);
|
B.
|
Tim Pembina UKS tingkat sekolah dibentuk di tingkat sekolah dan ditetapkan oleh Kepala Sekolah
|
C.
|
Tim Pembina UKS Provinsi, dibentuk di tingkat Provinsi dan ditetapkan oleh Gubernur;
|
D.
|
Tim Pembina UKS Kabupaten/Kota, dibentuk di tingkat Kabupaten/Kota dan ditetapkan oleh Bupati/Walikota;
|
65.
|
Apabila terjadi pelanggaran handsball di titik A maka hukumannya….
|
A.
|
Kick off
|
B.
|
Free kick
|
C.
|
Corner kick
|
D.
|
Corner kick
|
66.
|
Handspring termasuk gerakan …
|
A.
|
Atletik
|
B.
|
Renang
|
C.
|
Senam
|
D.
|
Silat
|
67.
|
Zat makanan yang berfungsi sebagai sumber tenaga adalah …
|
A.
|
Protein, mineral, air
|
B.
|
Vitamin, mineral, air
|
C.
|
Karbohidrat, lemak, protein
|
D.
|
Lemak, vitamin, air
|
68.
|
Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan diberikan melalui :
|
A.
|
Kegiatan kurikuler
|
B.
|
Kegiatan ekstrakurikuler
|
C.
|
Kegiatan kurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler
|
D.
|
Melalui Perkemahan Sabtu Malam Minggu
|
69.
|
Kompetensi yang harus dimiliki guru (pendidik) berdasarkan Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 adalah kompetensi …..
|
A.
|
Kepribadian, pedagogik, professional, dan manajerial.
|
B.
|
Kepribadian, pedagogik, professional, dan social.
|
C.
|
Kepribadian, pedagogik, professional, dan kewirausahaan.
|
D.
|
Pedagogik, professional, manajeria, dan sosial.
|
70.
|
Setiap guru wajib membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pernyataan ini merupakan amanah dari Permendiknas …..
|
A.
|
Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
|
B.
|
Nomor 23 tahun 2006 tentang SKL
|
C.
|
Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses
|
D.
|
Nomor 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan
|
71.
|
Kuku jari tangan maupun jari kaki harus selalu dipelihara kebersihannya. Ciri-ciri kuku yang sehat adalah seperti dibawah ini kecuali :
|
A.
|
Permukaan agak kasar sebagai pertanda kuku yang sehat
|
B.
|
Kuku tumbuh dengan baik
|
C.
|
Kuat
|
D.
|
Bersih
|
72.
|
Urutan latihan untuk mencapai kebugaran jasmani adalah….
|
A.
|
Latihan inti, latiahan pemanasan, latihan pendinginan
|
B.
|
Latihan pemanasan, latihan pendinginan, latihan inti
|
C.
|
Latihan pemanasan, latihan inti, latihan pendinginan
|
D.
|
Latihan pendinginan, latihan pemanasan, latihan inti
|
73.
|
Puskesmas adalah salah satu bentuk pelayanan kesehatan pemerintah yang dilaksanakan pada tingkat….
|
A.
|
RW
|
B.
|
Desa
|
C.
|
Kecamatan
|
D.
|
Kotamadya
|
74.
|
Suhu badan normal manusia adalah….
|
A.
|
40°C
|
B.
|
39°C
|
C.
|
38°C
|
D.
|
37°C
|
75.
|
Materi Pendidikan Kesehatan di SD yang masuk dalam SAINS pada KBK adalah sebagai berikut, KECUALI :
|
A.
|
Kebersihan dan kesehatan pribadi
|
B.
|
Makanan bergizi.
|
C.
|
Pendidikan kesehatan reproduksi.
|
D.
|
Sistem pernapasan
|
76.
|
Berikut ini adalah karakteristik sikat gigi yang baik, kecuali :
|
A.
|
bulu sikatnya keras sehingga mampu menjangjau seluruh lapisan gigi.
|
B.
|
bulu sikatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu lunak
|
C.
|
permukaan bulu sikat gigi rata, kepala sikat gigi kecil,
|
D.
|
tangkai sikat gigi lurus.
|
77.
|
Satu regu dalam permainan sepak bola adalah….
|
A.
|
10 orang
|
B.
|
11 orang
|
C.
|
12 orang
|
D.
|
13orang
|
78.
|
Kick off dilakukan di….
|
A.
|
Tengah lapangan
|
B.
|
Pinggir lapangan
|
C.
|
Depan gawang
|
D.
|
Penjuru lapangan
|
79.
|
Sumber makanan yang banyak B mengandung vitamin C adalah …
|
A.
|
Kangkung, daun singkong, bayam
|
B.
|
Jeruk, tomat, jambu
|
C.
|
Wortel, pepaya, nanas
|
D.
|
Semangka, salak, bayam
|
80.
|
Berat peluru yang dilombakan untuk putra senior adalah …
|
A.
|
4 kg
|
B.
|
4,26 kg
|
C.
|
7 kg
|
D.
|
7,26 kg
|
81.
|
Agar penyakit tidak mudah menular / menyebar di sekitar kita, maka kita harus…
|
A.
|
Membiarkan sampah menumpuk
|
B.
|
Membuang sampah dimana saja
|
C.
|
Selalu menjaga kebersihan lingkungan
|
D.
|
Membiarkan saluran air kumuh
|
82.
|
Jumlah pelari tiap regu lari estafet adalah…
|
A.
|
1 orang
|
B.
|
2 orang
|
C.
|
3 orang
|
D.
|
4 orang
|
83.
|
Pada mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia sekolah dasar yang dapat teridentifikasi dalam proses pembelajaran adalah minat terhadap ….
|
A.
|
masalah sosial
|
B.
|
bidang olahraga
|
C.
|
tubuh manusia
|
D.
|
kesehatan manusia
|
84.
|
Selain anjing, binatang lain yang dapat menyebabkan rabies adalah…..
|
A.
|
Kera
|
B.
|
Kodok
|
C.
|
Nyamuk
|
D.
|
Ikan
|
85.
|
Ketika dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, ketika ada siswa yang sangat antusias memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai berarti guru telah menyajikan bahan pelajaran dengan menarik, dengan demikian guru dapat mengindentifikasi minat siswa terhadap….
|
A.
|
penampilan
|
B.
|
pekerjaan
|
C.
|
sekolah
|
D.
|
Status
|
86.
|
Dalam proses pembelajaran PKn, guru kelas I SD mengajarkan tentang kompetensi dasar: ‘Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat’, maka kompetensi prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah ….
|
A.
|
mengenal pentingnya tata tertib di mayarakat
|
B.
|
melaksanakan hidup rukun di masyarakat
|
C.
|
mengenal lingkungan rumah dan sekolah
|
D.
|
mengikuti tata tertib di rumah dan sekolah
|
87.
|
Salah satu jenis permainan tradisional yang kita pelajari adalah….
|
A.
|
Rounders
|
B.
|
Kasti
|
C.
|
Kippers
|
D.
|
Gobag sodor
|
88.
|
Alat pengukur suhu tubuh adalah….
|
A.
|
Barometer
|
B.
|
Thermometer
|
C.
|
Stopwatch
|
D.
|
Speedometer
|
89.
|
Mencegah selalu lebih baik dan murah daripada mengobati. Oleh karena itu, penting sekali mengusahakan agar setiap orang dapat berbuat dan melakukan usaha pencegahan, antara lain seperti dibawah ini, KECUALI
|
A.
|
Memelihara dan meningkatkan kebersihan, serta menjauhkan diri dari sumber penyakit sehingga terhindar dari penularan.
|
B.
|
Memeriksakan kesehatan diri pribadi secara teratur dalam jangka waktu tertentu,sekurang-kurangnya dua kali dalam setahun.
|
C.
|
Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit, misalnya dengan jalan pengebalan (vaksinasi) dan selalu makan makanan yang bergizi sesuai dengan kebutuhan.
|
D.
|
Hanya makan makanan yang memiliki standar kesehatan dari Kementerian Kesehatan sehingga asupan gizi yang masuk ke tubuh kita memenuhi standar minimal.
|
90.
|
Imunisasi mempunyai sifat….
|
A.
|
Preventif
|
B.
|
Kuratif
|
C.
|
Rehabilitative
|
D.
|
Presentatif
|
91.
|
Induk organisasi sepak bola dunia adalah….
|
A.
|
FIFA
|
B.
|
FINA
|
C.
|
FIBA
|
D.
|
IAAF
|
92.
|
Berikut ini kesulitan yang dimungkinkan muncul pada siswa SD disebabkan adanya kerusakan-kerusakan pada organ wicara, kecuali ….
|
A.
|
suara
|
B.
|
kosakata
|
C.
|
artikulasi
|
D.
|
kelancaran
|
93.
|
1. Ciri-ciri air yang dapat dikonsumsi kita adalah….
|
A.
|
Terasa manis
|
B.
|
Tidak berwarna dan tidak berbau
|
C.
|
Berbau dan berwarna
|
D.
|
Pahit kadang manis
|
94.
|
Dalam usaha peningkatan kesehatan, masalah kebiasaan hidup bersih, menyenangi kebersihan dan keserasian harus ditanamkan sejak dini, yaitu :
|
A.
|
Sejak bayi masih berada dalam kandungan
|
B.
|
dari kelas satu sekolah dasar, bahkan sejak ditaman kanakkanak (pra sekolah).
|
C.
|
Sejak kelas 3 SD
|
D.
|
Sejak kelas 5 SD
|
95.
|
Untuk membelajarkan kompetensi dasar: ‘mendeskripsikan bendabenda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampuan awal/ prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
|
A.
|
membuat karangan deskriptif
|
B.
|
melengkapi kalimat belum selesai
|
C.
|
menyusun kalimat sederhana
|
D.
|
membaca kalimat sederhana
|
96.
|
Berikut ini adalah pernyataan yang benar mengenai Memelihara Kebersihan Pribadi, kecuali :
|
A.
|
Upaya memelihara kebersihan pribadi peserta didik tidak terlepas dari upaya pendidikan secara keseluruhan dan pendidikan kesehatan pada khususnya, karena menjaga kebersihan pribadi secara optimal, tidak mungkin dapat terwujud tanpa adanya penanaman sikap hidup bersih dan contoh teladan dari orangtua dan masyarakat sekitarnya.
|
B.
|
Pendidikan kebersihan adalah salah satu upaya pendidikan yang diberikan di sekolah dan di lingkungan rumah tinggal.
|
C.
|
Memelihara kebersihan pribadi perlu dukungan peralatan yang memadai karena tubuh kita senantiasa bergerak dan berkeringat sehingga kuman mudah masuk atau menempel di tubuh kita.
|
D.
|
Yang diharapkan dari kebersihan pribadi adalah agar peserta didik mengetahui akan manfaat dan pentingnya kebersihan pribadi an mampu membersihkan bagian-bagian tubuh, serta mampu menerapkan perawatan kebersihan pribadi dalam upaya peningkatan kesehatan pribadi.
|
97.
|
Upaya pertama dan yang paling utama agar seseorang dapat tetap dalam keadaan sehat adalah dengan ………..
|
A.
|
Menjaga kesehatan di lingkungan keluarga
|
B.
|
Menjaga kesehatan di lingkungan sekolah
|
C.
|
Menjaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri
|
D.
|
Menjaga kesehatan di lingkungan sekitar
|
98.
|
Dalam lari kemenangan ditentukan oleh….
|
A.
|
jarak lari
|
B.
|
timer
|
C.
|
waktu tempuh
|
D.
|
starter
|
99.
|
Induk organisasi bola basket di Indonesia adalah….
|
A.
|
Persani
|
B.
|
Perbasi
|
C.
|
PSSI
|
D.
|
Persetasi
|
100.
|
UKS merupakan salah satu wahana untuk ………….
|
A.
|
Memupuk kerjasama dan toleransi diantara para siswa sedini mungkin
|
B.
|
Meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin.
|
C.
|
Meningkatkan tingkat kecerdasan dan keahlian siswa sedini mungkin
|
D.
|
Memupuk jiwa kepemimpinan siswa sedini mungkin
|
0 Response to "100 Soal UKG Penjas Beserta Jawaban Asli (jawaban tulisannya ditebalin)"
Post a Comment